Laman

Selasa, 17 Mei 2011

PADI HIBRIDA TIDAK TAHAN WERENG

Saat ini petani sedang resah dengan adanya serangan hawa wereng yang menyerang padai, tak kurang Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi menduga maraknya penyebaran wereng coklat yang menyerang tanaman padi empat tahun belakangan ini akibat penanaman varietas padi hibrida yang tidak tahan wereng. begitu pernyataan beliau dalam kompas   , 18 mei 2010.
Menurut Bayu, introduksi benih padi hibrida yang tidak tahan wereng coklat diduga membangkitkan kembali serangan hama wereng coklat. Ia menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan workshop untuk mendalami kemungkinan serangan hama wereng sebagai dampak introduksi benih padi hibrida yang tidak tahan wereng coklat. "Mudah-mudahan itu tidak benar," katanya.
Berdasarkan catatan Kementerian Pertanian, serangan hama wereng coklat terhadap pertanaman padi hingga April 2010 mencapai 22.7000 hektar. Tahun 2009 sejak Januari-Desember luas serangan hama wereng coklat sudah lebih dari 48.000 hektar.Sementara tahun 2006 hanya 28.000 hektar.
Varietas bibit padi hibrida dan local dinilai menjadi pemicu munculnya hama yang menyerang tanaman padi saat ini. Sejumlah jenis bibit padi bibit lokal dan hibrida ini dinilai tak cocok ditanam saat terjadi perubahan iklim yang ektrem seperti sekarang.